Papua No.1 News Portal | Jubi

PGRI gandeng PPLH laksanakan program sekolah hijau

Writer: Engel WallyEditor: Syam Terrajana
PGRI
Pemberian bibit pohon secara simbolis oleh PGRI dan Ketua PPLH kepada perwakilan sekolah dan masyarakat - Jubi/ist

 

Sentani, Jubi – Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI) Kabupaten Jayapura bersama Pemuda Peduli Lingkungan Hidup ( PPLH) Kabupaten Jayapura melaksanakan Program penghijauan lingkungan sekolah.

Program ini merupakan bentuk kerja sama untuk mendorong warga sekolah agar mencintai, melestarikan serta menjaga lingkungan dan kawasan sekolah agar tetap asri dan hijau.

Ketua PGRI Kabupaten Jayapura, Andreas Sewewali mengatakan, pihaknya  bersama PPLH Kabupaten Jayapura telah melaksanakan pembagian sekaligus penanaman bibit pohon di sejumlah sekolah  di Distrik Kemtuk Gresi dan Namblong.

“Ada beberapa sekolah dasar yang telah kami bagikan bibit pohon   langsung,  seperti SD YPK Mamda, SD Inpres Kwansu, MI Miftahul Haq Besum, SDN  Braso, dan SD Inpres Yanbra, ” ujar Andreas di Sentani, Jumat (5/8/2022).

Baca juga :   Memperingati HLH Sedunia, ribuan bibit pohon sagu ditanam di Kabupaten Jayapura

Selain di  lingkungan sekolah,  bibit pohon kami bagikan juga kepada 2 Gereja di Kampung Yanbra, 1 Postu dan terakhir kita serahkan untuk 3 balai adat di Kampung Yanbra sekaligus berdialog dengan Ondoafi, guru-guru, kepala kampung, tokoh gereja dan masyarakat umum di balai Adat Suku Bairam Kampung Yanbra Distrik Kemtuk Gresi.

“Masyarakat begitu antusias  menerima pohon hias dan pohon sombar,  mereka sudah menunggu sejak pagi hari. Semoga dengan pemberian bibit pohon, kami harapkan program sekolah hijau dapat berjalan dan lingkungan pada tempat ibadah serta fasilitas umum lainnya menjadi hijau, asri dan sejuk, ” katanya.

Baca juga :   Hanya catur klasik yang dipertandingkan di Porkab II Kabupaten Jayapura

Diakuinya, masih banyak sekolah yang membutuhkan bibit tanaman pohon. Sebagian telah pesan sejak lama, tetapi pihaknya  terkendala biaya akomodasi serta konsumsi bagi tim yang bergerak mengambil bibit pohon.

Sementara itu, Ketua PPLH Kabupaten Jayapura, Manase Bernard Taime mengatakan, pihaknya dalam lingkup organisasi sangat mengapresiasi langkah Ketua PGRI yang telah melibatkan pihaknya dalam program sekolah hijau.

Tercatat, ada 678 bibit pohon  yang didistribusikan. Terdiri dari pohon Trembesi, Ketapang,  Cempaka, Tanjung, Cemara, Tabebuya, Pucuk Merah, Glodokan, dan Mahoni.  (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250