Kesiapan fasilitas untuk KMAN VI capai 70 persen

KMAN
 Koordinator Bidang Sarasehan Panitia KMAN VI Kabupaten Jayapura, Herald Berhitu saat wawancara media – Jubi/Engel Wally

 

Sentani,Jubi – Panitia lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara ( KMAN) VI di Kabupaten Jayapura, menyatakan, kesiapan seluruh fasilitas  pelaksanaan acara sarasehan di sejumlah Kampung di pesisir Danau Sentani mencapai 70 persen.

Koordinator bidang sarasehan, Herald Berhitu mengatakan, pihaknya telah memastikan sejumlah tempat yang akan digunakan untuk kegiatan sarasehan dalam agenda KMAN VI pada Oktober mendatang.

banner 400x130

Tempat sarasehan ini, kata Herald, tersebar di Kampung Yokiwa, Nendali, Asei pulau, Distrik Sentani Timur, Kampung Putali Distrik Ebungfauw, Kampung Ifar Besar Distrik Sentani, dan sebagian Kampung di Distrik Waibhu. “ Sebaiknya kita gunakan Obhe ( pendopo adat) karena fasilitas bangunan yang cukup besar dan mampu menampung banyak orang,” ujar Herald saat di temui di Sentani, Jumat (5/8/2022).

Dikatakan, selain penggunaan Obhe, ada juga fasilitas yang lebih besar seperti GOR Toware dan juga Istora serta bangunan yang besar lainnya yang pasti digunakan. Tinggal saat ini dilakukan koordinasi bersama panitia pusat dan lokal. Selain sarasehan, ada juga rapat-rapat dan pleno baik itu yang skala besar maupun sedang dan kecil.

”Pesertanya mencapai ribuan, dan akan dibagi dalam beberapa tempat kegiatan, dengan topik atau pembahasan yang sama sehingga semua dapat terakomodir dengan baik,” katanya.

Menurutnya, untuk kampung-kampung di wilayah Wibhu memang belum dilakukan survei terkait kesiapan  Obhe serta balai kampungnya. Namun tersedia  GOR Toware yang sangat representatif “Sudah 70 persen, tempat atau bangunan yang akan digunakan untuk kegiatan sarasehan nanti, sisanya kita kembali koordinasi dan kroscek sesuai kebutuhan yang diperlukan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BPH AMAN Jayapura, Benhur Wally mengatakan, salah satu agenda penting dalam KMAN VI nanti adalah sarasehan yang  membahas banyak hal.  “Isu-isu lingkungan, hutan dan tanah, serta potensi sumber daya alam lainnya yang nanti dibahas dalam sarasehan tersebut. Sehingga dibutuhkan tempat dan fasilitas yang memadai,” jelas Benhur. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250