Papua No.1 News Portal | Jubi

Jelang KMAN VI, wilayah perkotaan hingga pesisir danau Sentani dibersihkan

Writer: Engel WallyEditor: Syam Terrajana
KMAN
Pembersihan lingkungan kota sentani oleh masyarakat dan juga ASN pada jumat bersih – Jubi/Engel Wally

 

Sentani,Jubi – Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan, setiap jumat bersih, seluruh wilayah perkotaan hingga pesisr Danau Sentani akan dibersihkan oleh seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan.

Pemerintah Daerah, TNI dan Polri secara bersama melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan menjelang pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ( KMAN) VI di Kabupaten Jayapura. “ Setiap Jumat pagi, kita mulai saat ini hingga dengan pelaksanaan kongres nanti,” ujar Abdul Rahman di Sentani, Jumat (5/8/2022).

Bersih-bersih lingkungan, kata Rahman, bukan sesuatu yang luar biasa. Tetapi lebih kepada kesadaran diri untuk saling mengingatkan,  agar terus menjaga kebersihan  lingkungan.

Baca juga :   Tokoh masyarakat adat Kabupaten Jayapura harap aspirasi disampaikan dengan santun

“Di Danau Sentani juga sudah kami koordinasi  melalui pemerintah kampung untuk secara bersama, membersihkan areal permukiman, tetapi juga tempat-tempat dimana fasilitas umum berada,” jelasnya.

Mantan Kepala Distrik Sentani itu  juga menambahkan, antusiasme masyarakat  melaksanakan Jumat bersih cukup baik. Setiap  ruko dan kios serta hotel dan warung makan sudah diminta  menyediakan tempat penampungan sampah. Nanti petugas kebersihan DLH yang akan mengangkutnya.

Baca juga :   Kominfo dan PT IBS bangun 17 site BTS Bakti Kominfo Non 3T di Kabupaten Jayapura

“ Kita sudah punya pengalaman yang lalu untuk mengawal kebersihan pada perhelatan PON XX dan Peparnas sehingga untuk kerja-kerja seperti ini hanya dibutuhkan kesadaran dari setiap masyarakat agar tetap menjaga dan merawat lingkungannya dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Sentani, Marsuki Ambo mengatakan pihaknya senantiasa melakukan sosilisasi bagi warga kota untuk terus menjaga dan tidak membuang sampah di sembarang tempat. khususnya  pada jalur pintu masuk kedatangan orang ke Papua seperti Bandar Udara Sentani.(*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250