Papua No.1 News Portal | Jubi

Ajang Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kabupaten Jayapura diikuti 28 peserta

Writer: Engel WallyEditor: Kristianto Galuwo
Kabupaten Jayapura
Para peserta Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kabupaten Jayapura saat mengikuti materi di salah satu hotel di Sentani. - Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Ajang Pemilihan Putra Putri Pariwisata Yauw-Enggo Kabupaten Jayapura, diikuti 28 peserta yang terdiri dari 14 Yauw dan 14 Enggo. Para peserta ini ditetapkan oleh panitia pelaksana untuk mengikuti tahapan selanjutnya yang diseleksi dari 54 pendaftar.

Ketua Panitia Pelaksana, Henauce Puraro menjelaskan bahwa awalnya penetapan hasil seleksi yang mencapai Grand Final adalah 20 peserta, namun saat ini melebihi target menjadi 28 peserta.

“Melihat dari kemapuan dan perform yang ditunjukan oleh para peserta, ternyata semuanya bagus,” ujar Henauce di Sentani, Kamis (23/6/2022).

Seleksi untuk mencapai tahap akhir yang dijalani para peserta, meliputi berbagai materi yang disampaikan oleh sejumlah narasumber yang disiapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Putri Pariwisata, mantan-mantan Putri Pariwisata, serta masih banyak lagi materi-materi dasar seperti pemahaman tentang budaya, pariwisata, dan materi umum lainnya.

“Peserta juga diharapkan punya kemampuan dalam berbahasa asing, pemahaman tentang pariwisata, dan pengetahuan umum lainnya. Ada juga public speaking, soal kepribadian, dan pengetahuan umum lainnya,” katanya.

Baca juga :   Kelompok tani wilayah pembangunan III di Kabupaten Jayapura terima bantuan

Saat ini para peserta sedang dalam tahapan pra-karantina, dan peserta telah melewati beberapa jadwal kegiatan dan penerimaan materi yang disampaikan oleh sejumlah pihak, termasuk para sponsor yang akan menyiapkan beasiswa bagi peserta tiga besar.

“Pada hari pertama pra-event atau pra-karantina terbuka, para peserta diajak untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Jayapura, termasuk tur Danau Sentani untuk melihat destinasi wisata yang ada di pinggiran danau menggunakan kapal wisata,” katanya.

Pimpinan Cabang Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Papua Terdepan Wilayah Jayapura, Hasmi, mengatakan ketertarikan pihaknya mendukung kegiatan Pemilihan Putra Putri Pariwisata Yauw-Enggo ini, karena melihat banyaknya potensi SDM Papua yang mulai muncul ke permukaan.

“Hal ini sesuai juga dengan visi-misi kami untuk menciptakan SDM Papua yang unggul di bidang penerbangan. Untuk itu, melalui event ini kami akan memberi kesempatan kepada beberapa orang, untuk kami didik sebagai duta pariwisata melalui Sekolah Penerbangan Papua Terdepan,” katanya.

Hasmi juga mengatakan, untuk kategori juara umum Putra Putri Pariwisata Yauw-Enggo 2022, akan diberikan beasiswa pendidikan dan pelatihan kerja masing-masing senilai Rp 50 juta.

Baca juga :   Pentingnya pendidikan non litigasi bagi anggota KPKC di Klasis Port Numbay

“Sebagai sponsor untuk menyiapkan SDM sesuai minat dan bakat mereka, kepada peserta terpilih juga kami berikan diskon biaya pendidikan dan pelatihan sebesar 50 persen atau senilai 25 juta rupiah,” ucapnya.

Berikut nama-nama finalis yang lolos ke babak Grand Final di antaranya untuk Putra Yauw Palti Monim, Yesaya C. Daimoi, Josaphat E. Ohee, Jack M. Watilay, Jeremy CH Wally, Gustaf G. Wally, Erick E. Opur, Maurits Taime, Gabriel R. N. Monim, Greigoriano Griapon, Alcen Soumilena, Herman Awoitauw, Darius M. Marweri, dan Adolf B. N. Daimoye.

Sedangkan untuk Putri Enggo Irma Ibo, Flamboyan Ohee, Frince C. Toam, Natalia A. L. Pattinama, Merlin Marweri, Gabriella H. Felle, Bella Wally, Edelet Videl Marweri, Dahlia Felle, Agnes Nefron, Agnes Iwong, Helena Yaku, Djuniarth A. Monim, dan Dealova Sokoy. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130

banner 400x130

banner 728x250