Disdik Kabupaten Jayapura mulai menerapkan metode GASING

Jayapura
Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo menyampaikan sambutan pada pembukaan pelatihan berhitung cepat dengan metode GASING di SMP Negeri 2 Sentani, Kamis (25/5/2023). - Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pendidikan (Disdik), sedang melaksanakan pelatihan berhitung cepat dengan menggunakan metode Gampang, Asik, dan Menyenangkan (GASING) bagi guru-guru dan siswa.

Menghitung cepat dengan metode GASING yang dipelopori oleh Surya Institute ini diikuti oleh 90 orang, di antaranya 60 siswa SD dan SMP dan 30 guru sekolah dari SD dan SMP selama dua minggu  dan berlangsung di SMP Negeri 2 Sentani.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo yang dihadiri juga oleh Plt Kepala Disdik, instruktur pelatihan dari Surya Institute, serta peserta pelatihan yang terdiri dari guru dan siswa SD serta SMP perwakilan dari sejumlah sekolah di Kabupaten Jayapura.

Pj Bupati Triwarno mengatakan pembelajaran dengan metode GASING ini dilaksanakan oleh Yayasan Indonesia Maju melalui Surya Institute dan dilaksanakan secara nasional. Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas dalam menghitung cepat baik pada mata pelajaran Matematika, Fisika dan lainnya dengan metode atau cara-cara yang sederhana serta gampang tetapi mengasyikkan.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Prof Surya dan tim, yang telah tiba di Kabupaten Jayapura untuk memberikan pelatihan berhitung cepat dengan menggunakan metode GASING ini,” ujarnya, di halaman SMP Negeri 2 Sentani, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (25/5/2023).

Ia juga berharap agar kegiatan yang berlangsung selama dua pekan ini, dapat berjalan dengan baik dan hasil yang diharapkan bermanfaat bagi para guru dan siswa.

“Ini pelatihan yang pertama, melalui siswa dan guru yang mendapat pelatihan ini dapat ditularkan juga kepada anak-anak sekolah yang lain termasuk para gurunya. Sehingga metode GASING ini menjadi cara yang terbaik bagi pendidikan di daerah ini,” katanya.

Plt Kepala Disdik Kabupaten Jayapura Eqhbert Kopeuw menjelaskan bahwa dengan metode baru yang diterapkan ini, tentunya yang diharapkan adalah partisipasi serta kreativitas dari guru dan siswa.

“Menyongsong tahun depan untuk program Merdeka Belajar metode GASING ini sangat dibutuhkan, sehingga akan terlihat dengan jelas kualitas serta mutu pendidikan kita di daerah,” katanya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130
banner 728x250