Kelompok tani Otauw Mokho di Kabupaten Jayapura siapkan sayuran segar untuk dukung KMAN

Jayapura
Kelompok tani Otauw Mokho di Kabupaten Jayapura sedang membersihkan kebun sayur. - Jubi/Ist

Sentani, Jubi – Kelompok tani Otauw Mokho di Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menyediakan sayuran segar untuk mendukung kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI, khususnya pada agenda sarasehan dan rapat-rapat yang akan dilaksanakan di Kampung Sereh.

Ketua Kelompok Tani Otauw Mokho, Yosfina Ondikleuw mengatakan ia dan seluruh anggota tani telah mempersiapkan lahan seluas satu hektare siap tanam, yang digarap sejak awal September. Lahan tersebut akan ditanami tiga jenis sayuran jangka pendek, seperti sayur bayam, kangkung, dan sawi.

“Ketika pelaksanaan kegiatan kongres, sayur-sayur ini siap dipanen dan dikonsumsi dengan kondisi segar,” ujar Ondikleuw di Sentani. Jumat (16/9/2022).

banner 400x130

Dikatakan, dukungan ini merupakan inisiatif mereka selaku kelompok tani di Kampung Sereh. Selain itu, masing-masing anggota kelompok yang berjumlah 20 orang juga memiliki lahan yang dikelola di setiap pekarangan rumah mereka.

“Kami juga membagikan bibit sayuran ke setiap anggota, agar lahan di pekarangan rumah mereka bisa dimanfaatkan untuk menambah sayuran jika masih dibutuhkan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam proses pelaksanaan pengolahan lahan dan penyediaan bibit sayuran serta fasilitas kerja bagi kelompok tani, sepenuhnya tidak terlepas dari dukungan pemerintah Kampung Sereh yang telah membantu alokasi anggaran untuk penyediaan bibit dan peralatan bertani.

“Bapak kepala kampung, atas kebijakannya sudah membantu kami kelompok tani,” ucapnya.

Ia berharap, sayuran yang diberikan nantinya dapat benar-benar bermanfaat serta membantu dan menyukseskan pelaksanaan KMAN VI.

“Tidak banyak yang bisa kami berikan, hanya sayuran dari hasil kebun kami, semoga ini bisa membantu panitia di kampung untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay menjelaskan pelaksanaan KMAN VI yang dihadiri oleh ribuan saudara sesama masyarakat adat senusantara, harus mendapat pelayanan terbaik dari seluruh masyarakat kampung.

“Potensi lokal kita sangat banyak, seperti sayuran dan ubi-ubian, ikan dan sagu. Pangan lokal ini yang akan disediakan menjadi makanan pokok selama kegiatan berlangsung,” ujarnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250