Pemkot Jayapura pastikan stok bapok aman

Pemkot Jayapura
Pedagang komoditas pertanian di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura. - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota atau Pemkot Jayapura memastikan ketersediaan bahan pokok aman demi memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah gejolak kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM.

“Menjamin ketersediaan bahan pokok sekaligus pengendalian harga agar tidak fluktuatif atau harganya meningkat drastis,” ujar Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (6/10/2022).

Dikatakannya, meski inflasi belum menimbulkan gejolak harga seperti komoditas pertanian cabai, ikan, dan telur, namun Pemkot Jayapura terus melakukan pemantauan.

banner 400x130

“Pemerintah terus mendorong semua unit kerja bekerja bersama-sama dengan menaikkan peningkatan produksi terutama bahan pangan pokok sehingga menjaga ketersediaannya di pasar,” ujarnya.

Dikatakannya, ketersediaan pangan salah satu kunci dalam kestabilan ekonomi. Untuk itu, komoditas pangan harus terus terpenuhi sehingga harga tidak mahal dan mudah ditemukan.

“Jangan sampai permintaan tinggi tapi suplai barang terbatas karena berdampak sosial di masyarakat, sehingga perlu dijaga kestabilan, produksi, dan distribusi,” ujarnya.

pasar tradisional
Pasar Sentral Hamadi di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura – Jubi/Ramah

Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Kota Jayapura, Jeffry Defretes, memprediksi akan terjadi inflasi yang disebabkan oleh komoditas pangan akibat dampak dari kenaikan BBM.

“Saya belum bisa pastikan berapa persen kenaikannya [inflasi], tapi saya perkirakan akan terjadi kenaikan. Kalau sekarang ini inflasi kita masih stabil,” ujarnya.

Defretes berharap dengan menjaga kestabilan harga, ketersediaan, dan produksi bahan pokok agar tidak berdampak besar pada peningkatan ekonomi.

“Kenaikan harga dan minimnya ketersediaan bapok ini, berdampak pada ekonomi masyarakat dan ekonomi daerah. Saya berharap pemerintah dan masyarakat terutama petani dan pedagang bekerjasama demi kestabilan ekonomi di Kota Jayapura,” jelasnya. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250