Dunia  

Pengakuan global, institusi pendidikan, dan mahasiswa Australia

institusi pendidikan
Menteri Pendidikan Australia, Jason Clare. - Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Australia telah bergabung dalam perjanjian pertama di dunia mengenai pendidikan tingkat tinggi. Hal ini jelas telah mempermudah institusi pendidikan Australia dan mahasiswanya untuk lebih berperan di tingkat global.

“Ratifikasi Konvensi Global oleh Australia merupakan tonggak pencapaian yang signifikan di bidang pendidikan. Sekitar 1,4 juta mahasiswa yang belajar di universitas kami setiap tahunnya sekarang dapat menjadi lebih percaya diri atas kualifikasi Australia yang telah diperoleh, baik telah ditempuh secara tatap muka maupun online, dan mendapatkan pengakuan di negara lain, sehingga membantu mereka untuk mengakses pendidikan tinggi di luar negeri, serta mengejar kesempatan kerja yang lebih besar,” kata Menteri Pendidikan Australia, Jason Clare, dalam press release yang diterima jubi.id dari [email protected], Rabu (25/1/2023).

Selain itu, Menteri Keterampilan dan Pelatihan Australia, Brendan O’Connor, mengatakan Australia memiliki sistem pendidikan dan pelatihan yang komprehensif dengan jalur yang terbentuk antar sekolah, pendidikan kejuruan dan pelatihan, pendidikan tinggi dan pekerjaan.

“Menjadi bagian dari Konvensi Global akan meningkatkan pengakuan internasional terhadap lulusan pendidikan kejuruan dan pelatihan kelas dunia Australia yang dilengkapi dengan keterampilan yang siap untuk pekerjaan abad ke-21,” katanya.

institusi pendidikan
Menteri Pendidikan Australia, Jason Clare. – Jubi/IST

Konvensi Global UNESCO yang baru tentang Pengakuan terhadap Kualifikasi Pendidikan Tinggi memastikan mahasiswa yang menempuh pendidikan di institusi pendidikan Australia akan mendapatkan pengakuan kualifikasi secara adil, transparan, dan tidak diskriminatif di seluruh dunia.

Gangguan pandemi global terhadap akses dan keberlangsungan pendidikan menunjukkan pentingnya menyediakan pendidikan berkualitas tinggi melebihi metode tradisional yaitu tatap muka di negara lokasi.

Partisipasi Australia dalam Konvensi Global menjamin mahasiswa bahwa mereka dapat lebih mudah untuk mengakses studi atau pendidikan tingkat tinggi, termasuk kualifikasi, menggunakan berbagai bentuk pembelajaran seperti online atau pembelajaran gabungan, joint degree, program microcredentials dan offshore campus delivery.

Australia telah lama menjadi perintis dalam menghadirkan hal-hal baru dan inovatif di bidang pendidikan, mempermudah akses dan partisipasi bagi warga Australia dan mahasiswa internasional dari seluruh dunia, serta memastikan pengalaman tingkat tinggi untuk mahasiswanya.

Australia akan terus bekerja sama dengan negara-negara lain di seluruh dunia untuk membangun jaringan kolaboratif, berbagi informasi dan perkembangan tentang sistem pendidikan, serta untuk mengembangkan platform pengetahuan serta alat-alat yang dibutuhkan untuk kerja sama di bidang ini.

Menyediakan informasi yang dapat diakses tentang sistem dan kualitas pendidikan Australia, lembaga pendidikan dan kualifikasi yang mudah dipahami dan dapat meningkatkan pemahaman, pengakuan serta kepercayaan pada kualifikasi Australia dan dapat memajukan daya saing global.

Australia akan terus memimpin contoh-contoh terbaik secara global dalam mendukung mobilitas dua arah antara mahasiswa dan lulusannya.

Penandatanganan dari Konvensi Global merupakan hasil signifikan dari Strategi Australia untuk Pendidikan Internasional 2021-2030.

Hal ini mencerminkan kepemimpinan Australia di bidang pengakuan kualifikasi regional dan global dan mengoptimalkan manfaat standar pendidikan internasional dan pendidikan Australia yang teliti. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250