Dunia  

Pesawat AS jatuh di Norwegia utara saat latihan NATO

Ilustrasi Norwegia
Ilustrasi

Oslo, Jubi Polisi dan Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan (JRCC) Norwegia mengatakan pesawat militer AS dengan empat orang di dalamnya jatuh di Norwegia utara, pada Jumat (18/3/2022).

Pesawat MV-22B Osprey milik Korps Marinir AS itu sedang mengambil bagian dalam latihan militer NATO yang disebut Cold Response ketika dilaporkan hilang pada 17.26 GMT (00.26 WIB/Sabtu).

Helikopter penyelamat dan pesawat Orion militer Norwegia yang mencari di daerah itu melihat puing-puing dari udara pada 20.17 GMT setelah menerima sinyal darurat. “Kami telah menemukan sebuah pesawat yang jatuh. Kami melihat tak ada tanda-tanda kehidupan,” kata kepala staf polisi Nordland Bent Eilertsen kepada Reuters, dikutip Antara.

banner 400x130

“Kami telah diberitahu bahwa itu adalah pesawat Amerika dengan empat orang Amerika di dalamnya,” kata Eilertsen.

Baca juga : Pesawat militer di Ukraina jatuh tewaskan 25 orang

Sedangkan pesawat penyelamat tidak bisa mendarat akibat cuaca buruk. Sebagai alternatif, polisi dan layanan penyelamatan berusaha mencapai lokasi melalui darat, tapi tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan.

“Keadaannya gelap, kondisi cuaca buruk dan ada risiko longsoran salju,” kata Eilertsen menambagkan.

Pesawat naas itu sedang menjalani latihan dan dijadwalkan mendarat sekitar pukul 17.00 GMT. Cuaca di daerah itu tak mendukung, dengan kondisi yang memburuk. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250