Papua Barat dan pendukung tim Senegal

Tim Senegal
Timnas Senegal di Piala Dunia 2022 Qatar. – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Lolosnya tim Senegal ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022, yang akan menerapkan sistem knock out, tentu sangat menggembirakan warga Senegal dan Afrika. Tapi ternyata warga Papua Barat juga menyambut suksesnya juara Afrika 2022 masuk babak 16 besar.

Memang hubungan Senegal dan Papua Barat telah lama terjalin sejak era 1970 hingga 1980-an. Presiden Senegal waktu itu, Leopold Sedar Senghor (1960-1981), pernah berpesan kepada Bernard Tanggahma, meski kantor OPM telah ditutup tetapi hubungan baik harus terus terjalin.

Pasalnya, saat Presiden Senghor pernah mengizinkan untuk membuka kantor perwakilan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Dakkar, ibukota Senegal. Namun akhirnya kantor itu ditutup dan Bernard Tanggahma, pemimpin OPM di Senegal, harus kembali ke Den Haag Belanda.

Benny Wenda
Benny Wenda saat menyerahkan topi kepala suku kepada Presiden Senegal waktu itu, Abdolade Waye, di Parlemen Senegal Dakar. – Jubi/IST

“Saya tidak tahu mengapa Bernard Tanggahma pergi meninggalkan Dakkar Senegal. Namun sekarang kami anak-anak muda Papua Barat kembali menjalin hubungan dengan Senegal,” kata Benny Wenda, Pemimpin United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), saat berkunjung Parlemen Senegal pada 2010.

Waktu itu Benny Wenda melakukan perjalanan ke Dakar, ibukota Senegal atas undangan Presiden Senegal Abdoulaye Wade. Dia seorang politikus dan Sekjen Partai Demokrat Senegal dan menjadi Presiden Senegal dari 2000 sampai dengan 2012.

Presiden Senegal Wade periode 2000-2012, mengundang Benny Wenda untuk menghadiri Festival Seni dan Budaya Hitam Dunia. Benny memberikan sambutan yang menginformasikan kepada hadirin tentang perjuangan Papua Barat yang terlupakan. Setelah pidatonya, Presiden Senegal mengimbau kepada semua yang hadir untuk memberikan dukungannya kepada masyarakat Papua.

Saat ini, Presiden Senegal adalah Macky Sall (61 tahun), seorang insinyur geologi dan ahli geofisika dari di Institute of Earth Sciences of Dakar (IST) dan National School for Petroleum and Engines (ENSPM) dari French Petroleum Institute of Paris (IFP).

Suksesnya tim sepak bola Senegal tentu pula sampai ke Tanah Papua, khususnya para pecinta sepak bola. Meski tak semua mendukung Senegal tapi rupanya ada saja pecinta sepak bola Senegal di Papua Barat.

Para pendukung Senegal akan menyaksikan tim berjuluk Singa dari Teranga atau Lion of Terangga melawan tim national Inggris pada 5 Deseber pukul 04.00 pagi.

Kapten Tim Senegal
Kapten tim Senegal, Kalidou Koulibaly. – Jubi/IST

Kapten tim Senegal, Kalidou Koulibaly, bek tengah dari klub Chelsea akan memimpin rekan-rekannya dalam laga hidup mati melawan tim di mana pemain Afrika berlaga di Liga Inggris.

Oleh karena itu, lolosnya Senegal ke babak 16, pelatih Senegal Aliou Cisse mengatakan kemenangan ini mereka dedikasikan untuk seorang pria yang melakukan hal-hal ekstradioner untuk negara Senegal.

“Ia bukan pahlawan hari ini dan kemenangan ini untuk seorang pria yang disebut Sado Mane,” kata Cisse sebagaimana dilansir dalam ITs Football.

Walau demikian Sado Mane telah menyumbangkan $ 693.000 (£ 500.000) untuk membantu mendanai pembangunan rumah sakit di kampung halamannya di Bambali di Senegal.

Hal senada juga dikatakan kapten Senegal, Koulibally, bek tengah berusia 31 tahun, yang menghabiskan delapan tahun bersama Napoli sebelum hengkang ke Chelsea, mengatakan jimat dari Sado Mane selalu menyertai mereka dalam dukungan doa.

Bendera Senegal
Bendera Senegal – Jubi/IST

Pertandingan yang akan berlangsung di Stadium Al Bayt antara Inggris melawan Senegal, 5 Desember 2022. Para analis menyebutkan sebanyak 63 persen memilih Inggris menang sedangkan sisa 13 persen menangkan Senegal dan memilih seri 24 persen.

Akankah jimat Sade Mane berlanjut hingga Senegal taklukan Inggris dan mengulangi sukses pelatih Cisse dan kawan kawan lolos ke babak semi final dalam Piala Dunia 2002?

Lihat saja nanti di lapangan, kiper Chelsea, Mendi, bisa menahan laju penyerang timnas Inggris. Tak tahulah bola itu bundar. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250