Papua No.1 News Portal | Jubi

Dunia  

Antara Sally Morgan dan Archie Roach, penyanyi, pendongeng, aktivis perintis Aborigin

Writer: Dominggus MampioperEditor: Syam Terrajana
Aborigin
 Sally Morgan dan Archie adalah generasi Abroigin yang dipaksa meninggalkan kehidupan aslinya. Sally Morgan menulis buku sedangkan Archie menyanyi dan menulis lagu. Archie baru saja meninggal pada Sabtu 31 Juli 2022 dalam usia 66 tahun. Sedangkan Morgan masih hidup dalam usia 71 tahun- Jubi/ist

 

 

Jayapura, Jubi- Sally Morgan perempuan keturunan Aborigin pernah menulis dalam bukunya berjudul My Place yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Yayasan Obor Indonesia pada Juli 1993 berjudul, “Yang Tergusur.”

Sally Morgan lahir di Kota Perth 1951, ia telah kehilangan segalanya, jejak leluhurnya, kebudayaan, adat kebiasaan, dan tanah tempat ia berdiri.”Semangatnya untuk menelusuri kembali sejarah masa silam keluarga dan kaumnya. Meski mengalami banyak rintangan, Sally yakin bahwa mengetahui sejarah asal usul dirinya dan keluarganya,  ia akan merasa sebagai manusia yang utuh, seorang perempuan Aborigin.

Pada 2014 di Brisbane, Balbauna Village jurnalis Jubi bertemu dengan seorang perempuan Aborigin dan menceritakan  semua warisan dari nenek moyangnya harus dijaga dan dilindungi termasuk obat-obatan tradisional mereka. Dia lalu menunjukkan daun eucalyptus yang biasa mereka gunakan untuk obat-obatan. Dia meremas daun itu dan menggosokannya di seluruh tubuh.”

Baca juga :   Perundingan nuklir Iran mengalami kemajuan meski ada masalah sulit

Kini warga Abroigin telah kehilangan lagi seorang seniman dan musisi besar, penyanyi dan pendongeng. Ia adalah Archie Roach yang meninggal dalam usia 66 tahun  karena sakit yang telah lama dideritanya.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dalam akun twitter@AlboMP mengatakan Australia “kehilangan bakat brilian, seorang peramal kebenaran nasional yang kuat dan produktif” Lebih lanjut tulis Albanese “Musik Archie mengambil dari sumur trauma dan rasa sakit, tetapi mengalir dengan keindahan dan resonansi yang menggerakkan kita semua.”

Baca juga :   Wabah Covid-19, Cina alihkan penerbangan tujuan Shanghai ke kota lain

”Kami berduka atas kematiannya, kami menghormati hidupnya dan kami berpegang pada harapan bahwa kata-katanya, musiknya, dan semangatnya yang gigih akan terus hidup untuk membimbing kami dan menginspirasi kami.”tulis PM Australia itu.

Mengutip sbs.com.au menyebutkan bahwa Mr Roach meninggal di Warrnambool Base Hospital setelah lama sakit, dikelilingi oleh keluarga dan orang-orang yang dicintainya.

“Kami berterima kasih kepada semua staf yang telah merawat Archie selama sebulan terakhir,” kata putra-putranya. Ia meninggal pada Sabtu (30/7/2022) .

Archibald William Roach lahir pada 8 Januari 1956 di Mooroopna, Victoria, sebelum keluarganya pindah ke misi Rumbalara kemudian Framlingham.

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

banner 728x250