Puluhan penambang emas ilegal Waserawi dibawa ke Polres Manokwari

Manokwari, Jubi – Sebanyak 46 orang penambang emas ilegal di kawasan Waserawi Distrik Masni Kabupaten Manokwari dibawa ke Markas Polres Manokwari, Papua Barat, Selasa (22/11/2022).

Kapolres Manokwari, AKBP Parisian Herman Gultom mengatakan, 46 penambang emas yang saat ini di bawa ke Polres Manokwari masih berstatus saksi.

“Masih berstatus saksi, kita masih melakukan pendalaman melalui pemeriksaan penyidik,” kata Gultom kepada wartawan di Manokwari.

banner 400x130

Menurut Gultom, sejak Senin kemarin, pihaknya telah melakukan penegakan hukum terhadap penambangan ilegal di kawasan Waserawi Distrik Masni, Manokwari, Papua Barat.

Selain itu Kapolres juga menyebut bahwa pihaknya masih melakukan pendataan barang bukti.

“Barang bukti bermacam-macam, kita masih melakukan pendataan,” kata Gultom.

Gultom menjelaskan, pemeriksaan para penambang ini bertujuan untuk memetakan peran mereka.

“Kami melakukan pemeriksaan untuk pemetaan peran mereka. Tetapi hari ini kami juga baru tiba, personel juga masih capek selama 4 hari kemarin jadi mungkin ada istirahat untuk anggota kemarin,” katanya.

Selain penambang pria, ada beberapa wanita yang juga turut diamankan ke Polres.

“Untuk jumlahnya terkait yang perempuan nanti saya cek datanya dulu,” katanya.

Sementara itu, Adi seorang penambang yang ditemui di Mapolres mengatakan dia dan teman-temanya diarahkan dari lokasi penambangan ke lokasi transit di kali Wariori. Kemudian pada Senin malam dibawa dengan truk menuju Manokwari.

“Kami sempat singgah di Polda Papua Barat, menunggu teman-teman lainnya tadi malam sekitar jam 21.00 WP setelah terkumpul lalu kita diarahkan ke Polres,” ucap Adi Selasa (22/11/2022).

Adi mengaku, ia baru bekerja satu minggu sebagai penambang di lokasi Waserawi. Ia menyebut, bukan warga Manokwari.

“Saya dari Bima, ikut teman tiba di sini kita dipekerjakan di lokasi tambang baru satu minggu, belum ada hasil sudah diarahkan ke Polres sini,” tutur Adi. (*)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250