DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Wapres sebut capaian kinerja KNEKS cukup signifikan

KNEKS
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memberikan penjelasan terkait hasil Rapat Pleno KNEKS di Jakarta, Selasa (20/12/2022). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta, Jubi – Wakil Presiden atau Wapres, RI Ma’ruf Amin mengatakan capaian kinerja Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah atau KNEKS hingga akhir tahun 2022 sudah cukup signifikan.

“Tadi disampaikan Menteri Keuangan selaku Sekretaris KNEKS, telah dicapai berbagai capaian yang cukup signifikan,” kata Wapres seusai memimpin Rapat Pleno KNEKS di Istana Wapres Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Wapres menyampaikan dalam Rapat Pleno itu juga banyak pandangan-pandangan pertemuan dari sejumlah menteri yang hadir antara lain Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata dan Menteri Keuangan.

Dia berharap upaya-upaya percepatan, baik menyangkut masalah industri halal maupun industri keuangan dan juga hal-hal lain bisa dibangun lebih baik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani selaku Sekretaris KNEKS menyampaikan berbagai capaian yang telah dicapai KNEKS hingga akhir tahun 2022, sebagaimana dilaporkan kementerian dan lembaga terkait antara lain yakni, dukungan dan penguatan perkembangan industri halal Indonesia, melalui pengembangan kawasan industri halal (KIH) baik yang telah eksis maupun yang akan dibuat ke depan.

“Terutama Wapres tadi menyampaikan terkait jumlah perusahaan yang bisa masuk, kemudian melihat insentif fiskal maupun non-fiskal nya,” jelas Sri Mulyani.

Selain itu, kata Sri Mulyani, pemerintah juga akan meningkatkan persiapan pengembangan industri halal tahun 2023, meliputi simplifikasi dan penurunan biaya sertifikasi halal.

Menurut Sri Mulyani, Wapres mengarahkan agar rumah potong hewan yang jumlahnya lebih dari 1.400 buah di seluruh Indonesia mendapat akselerasi terkait sertifikat halal. (*)

 

BacaJuga

Baca juga

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist