DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Sejumlah kepala negara G20 sudah tiba di Bali

kepala negara
Tangkapan layar Presiden Joe Biden, menuruni tangga pesawat Air Force One usai mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Minggu, 13 November 2022. - Foto: BPMI Setpres

Bali, Jubi – General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menyampaikan sejumlah kepala negara Group of Twenty (G20) mulai tiba di Bali pada hari Minggu (13/11/2022).

“Jadi memang benar tanggal 13 November 2022 mulai ada yang datang delegasi G20 ke Bali. (Tepatnya) tanggal 13, 14, dan 15 November 2022. Untuk kepulangan tanggal 15 November 2022 juga sudah mulai, kemudian ada yang tanggal 16 November 2022 dan 17 November 2022,” kata Handy melalui sambungan telepon di Bali, Sabtu malam.

Dia mengatakan pengamanan para kepala negara dan delegasi yang tiba di Bali tersebut ada di bawah kendali Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres dibantu oleh personel TNI dari tiga matra serta kepolisian.

“Kami sifatnya hanya supporting, karena ini treatment berbeda yang harus dipastikan pesawat kepresidenan para kepala negara yang hadir terjamin aman, dan Paspampres yang punya kemampuan itu. Namun dukungan dari TNI AU, AD dan Al serta kepolisian juga sangat tinggi,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, tamu undangan perhelatan G20 terdiri atas kepala negara atau delegasi 20 negara anggota G20 ditambah 9 negara undangan dan 10 undangan yang mendapat perlakuan VVIP.

Dia mengungkapkan dari jumlah tersebut, ada beberapa kepala negara atau delegasi yang membawa pesawat lebih dari satu bahkan hingga tiga pesawat.

Dia menyampaikan kapasitas parkir pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali terbatas hanya bisa menampung maksimum 62 pesawat.

Dari jumlah tersebut, pihaknya menyiapkan 43 tempat parkir pesawat atau apron untuk kepala negara atau delegasi G20, sedangkan sisanya 19 apron untuk penerbangan komersial yang masih harus berjalan selama KTT G20.

Beberapa pesawat kepala negara atau delegasi akan disebar untuk parkir di bandara-bandara lain yang telah ditunjuk sebagai bandara pendukung G20.

“Kami siapkan 43 (tempat parkir pesawat) untuk parkir G20 di Ngurah Rai. Sisa 19 kami gunakan untuk penerbangan reguler komersial yang masih terus berlangsung selama pelaksanaan KTT G20. Beberapa pesawat delegasi harus disebar (parkir) ke bandara pendukung karena kapasitas bandara di Bali tidak cukup,” jelas dia.

Joe Biden tiba di Bali

Sementara itu Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Bali, Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 22.10 WITA, dengan menggunakan pesawat Air Force One, untuk menghadiri KTT G20 Indonesia.

Berdasarkan siaran langsung yang dipantau dalam akun Instagram G20 Indonesia terverifikasi @g20org, tampak Biden menuruni tangga pesawat seorang diri.

Kedatangan Biden disambut dengan pasukan jajar kehormatan dan penampilan puluhan penari Bali. Biden tampak tersenyum melihat sambutan para penari tersebut.

Biden lalu menaiki kendaraan jenis sedan limosin berwarna hitam yang telah disiapkan.

Sebelumnya sejumlah delegasi KTT G20 juga telah hadir di Bali di antaranya Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Executive Chairman The World Economic Forum Klaus Schwab, Director General International Labour Organization Gilbert Houngbo, serta Chairman Islamic Development Bank Muhammad Al Jaser.

Presiden Joko Widodo juga tiba di Bali, Minggu malam usai lawatan KTT ASEAN di Kamboja. Dalam keterangan persnya Jokowi menyampaikan dirinya menerima laporan bahwa 17 kepala negara mengonfirmasi akan menghadiri KTT G20 Indonesia di Bali.

“Persiapan KTT G20 saya sudah mendapat laporan semua sudah siap, 17 kepala negara hadir. Ini menggembirakan di masa yang sangat sulit sekarang ini, apalagi Presiden Joe biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menekankan Indonesia akan memperjuangkan perdamaian dunia dan menjadi bagian dari solusi perubahan iklim dan pemulihan ekonomi. (*)

BacaJuga

 

Baca juga

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist