DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

DEWG G20 bahas dua isu prioritas digital ekonomi

G20
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate (tengah), memberikan Konferensi Pers usai Pertemuan Ketiga DEWG G20 Indonesia di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Rabu (20/7/2022). - ANTARA/Fransiska M Nuka

Labuan Bajo, Jubi – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengatakan, Pertemuan Ketiga Kelompok Kerja Ekonomi Dijital (DEWG) G20 Indonesia di Labuan Bajo, NTT, membahas dua isu prioritas digital ekonomi.

“Dalam pertemuan kali ini kami menyiapkan serangkaian diskusi untuk membahas isu prioritas DEWG kedua yakni keterampilan digital dan kecakapan digital, serta isu prioritas ketiga yakni arus data lintas negara dan arus data bebas terpercaya. Keduanya isu yang amat penting dibahas untuk pengembangan kerangka kerja ekosistem digital global,” kata dia, seusai DEWG G20 Indonesia, di Labuan Bajo, Rabu (20/7/2022).

Dalam isu kecakapan dan literasi digital, DEWG bermaksud mengingatkan bahwa tanggung jawab peningkatan kecakapan dan literasi digital adalah tanggung jawab global yakni seluruh pemangku kepentingan terkait baik pemerintah, pelaku industri, maupun entitas non pemerintah.

banner 400x130

“Apalagi pemanfaatan teknologi digital kini dan masa depan akan semakin masif dan memerlukan kerja sama serta kerja bersama-sama menyiapkan diri dan ekosistem melalui peningkatan kecakapan dan literasi digital jika dunia ingin hadirkan transformasi digital yang inklusif,” ucap dia.

Berdasarkan data dari Persatuan Telekomunikasi Internasional, satu dari tiga orang di dunia memilih tidak terhubung ke internet karena tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat dan tidak memahami pemanfaatan internet semestinya pada tahun 2022 ini.

Oleh karena itu, berpatokan dari kondisi itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika berharap pertemuan ketiga DEWG ini memfasilitasi ruang untuk berbagi pandangan delegasi dalam membahas rekomendasi dan kebijakan untuk meningkatkan keterlibatan kaum rentan dalam ekonomi digital. Selanjutnya untuk rangkuman praktik dan kebijakan keterampilan digital tingkat lanjutan dan literasi.

“Ini sangat relevan dalam mewujudkan suatu ekosistem ekonomi digital global dan ekonomi dunia yang inklusif,” ungkapnya.

Dia optimis pertemuan ketiga DEWG ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Plate pun menanti delegasi untuk memperkaya diskusi itu dengan berbagai pandangan menarik terkait isu prioritas yang menjadi pembahasan tersebut.

“Para anggota memiliki visi yang sama yakni mendorong pemulihan kembali dunia secara bersama-sama melalui pemanfaatan teknologi digital,” katanya.

Pertemuan Ketiga DEWG berlangsung di Labuan Bajo, pada 20-22 Juli 2022. Pertemuan ini dihadiri 17 delegasi secara langsung. Sedangkan tiga delegasi yang hadir secara virtual yakni Italia, Argentina, dan China. (*)

 

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130

Baca juga

banner 728x250