DERAP NUSANTARA

Halaman kerjasama pemberitaan Jubi dan Kantor Berita Antara

Delegasi G20 dukung tiga isu pokok bidang pertanian

G20
Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono saat konferensi pers seusai pertemuan hari kedua Second Agriculture Deputies Meeting (ADM), di Yogyakarta, Kamis (28/7/2022). - ANTARA/Luqman Hakim

Yogyakarta, Jubi – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono mengatakan tiga isu pokok bidang pertanian yang diusulkan Indonesia didukung seluruh delegasi G20 dalam Pertemuan Kedua Kelompok Kerja Pertanian Tingkat Deputi/Eselon I (“Second Agriculture Deputies Meeting”/ADM) di Yogyakarta.

“Member (G20), organisasi internasional, observer maupun negara undangan lainnya mendukung substansi yang kita usulkan,” kata Kasdi saat konferensi pers seusai pertemuan hari kedua Second Agriculture Deputies Meeting (ADM), di Yogyakarta, Kamis (28/7/2022).

Kasdi menyebutkan isu prioritas bidang pertanian yang diusulkan Indonesia dan dibahas dalam forum G20 itu, yakni pertama membangun sistem pangan dan pertanian yang tangguh dan berkelanjutan.

Baca juga :   Perempuan harus bersatu melawan diskriminasi

“Ini memang yang terberat, karena banyak kita bahas berkaitan dengan pangan adalah membangun sistem pangan yang tangguh dan berkelanjutan. Banyak paragraf tentang itu,” ujar Kasdi.

Kedua, mendukung perdagangan pertanian yang terbuka, adil, dapat diprediksi, dan transparan untuk keterjangkauan pangan untuk semua.

“Berkaitan perdagangan pertanian terbuka ada empat paragraf yang sudah kita selesaikan,” katanya pula.

Isu ketiga, yakni memajukan kewirausahaan pertanian yang inovatif melalui digitalisasi pertanian untuk meningkatkan penghidupan petani di daerah pedesaan.

“Tiga isu itu diterima bahkan diapresiasi kontennya,” kata Chair G20 Agriculture Working Group (AWG) ini.

Baca juga :   Ekonomi Indonesia tumbuh signifikan didukung kebijakan people-first

Dari tiga isu prioritas yang terdiri atas 27 paragraf yang didiskusikan, menurut Kasdi, masih tersisa 13 paragraf yang pembahasannya bakal dilanjutkan dalam forum “intersessional meeting” pada akhir Agustus 2022.

Tiga substansi isu itu merupakan turunan dari tema besar Pokja Pertanian G20 Indonesia “Balancing Food Production and Trade to Fulfil Food for All” yang mencerminkan komitmen G20 dalam memastikan keseimbangan antara produksi dan perdagangan untuk memenuhi pangan bagi semua.

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga

banner 728x250