Mappi, Jubi – Analis Kebijakan Pelayanan Publik Kemenpan RB Republik Indonesia, Junaedi Sinaga, mengunjungi Kabupaten Mappi. Kunjungan tersebut dapat rangka memfasilitasi pelaksanaan survei kepuasan masyarakat (SKM).
Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Mappi, Rabu 24/5/2023), secara resmi dibuka oleh Plh Sekda Kabupaten Mappi, Pelipus Umbu Sogara, dan diikuti oleh dua orang perwakilan dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mappi.
Kepala Bagian (Kabag) Ortal Setda Kabupaten Mappi, Andi Baso, menjelaskan kegiatan fasilitasi pelaksanaan survei kepuasan masyarakat bertujuan untuk mengukur sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh masing-masing OPD selaku unit pelayanan publik di Kabupaten Mappi. Dengan pelaksanaan survei kepuasan masyarakat melalui metode dan responden yang tepat akan diperoleh data yang akurat sehingga nantinya akan diperoleh rekomendasi perbaikan pelayanan publik yang tepat di Kabupaten Mappi.
Ia menuturkan kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan masing-masing OPD di lingkup Pemkab Mappi yang berjualan dua orang setiap OPD. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, yakni 24-25 Mei 2022.
“Kita sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini dan berharap setelah kegiatan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ungkap Andi Baso.
Andi Baso menerangkan tim dari Kemenpan-RB mengapresiasi kegiatan ini, terutama karena dilakukan untuk seluruh OPD. Dimana biasanya kegiatan seperti ini hanya dilakukan untuk beberapa OPD saja sebagai sampel.
Dikatakan Andi Baso, kegiatan ini akan menghasilkan indeks kepuasan masyarakat Kabupaten Mappi yang tentu akan berkontribusi terhadap indeks kepuasan masyarakat nasional.
Andi Baso menegaskan pelaksanaan SKM diharapkan memiliki dampak terhadap layanan publik di Kabupaten Mappi sesuai dengan semangat reformasi birokrasi.
Kegiatan SKM ini berlanjut beberapa tahapan sampai dengan adanya laporan SKM pada bulan Juli nanti.

Di kesempatan berbeda, Pj Bupati Mappi, Michael R. Gomar S.STP.,M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Publik dilaksanakan oleh Pemkab Mappi dengan dukungan tim dari Kemenpan-RB RI, sehingga hasilnya akan menjadi dasar evaluasi layanan publik, baik urusan wajib maupun urusan pilihan, sehingga akan menjadi catatan rekomendasi atas indeks kepuasan layanan dan menjadi perbaikan layanan publik di Pemerintah Kabupaten Mappi.
Dikatakan Michael Gomar tahapan perbaikan dan pembenahan reformasi birokrasi di Pemkab Mappi sementara melalui survey kepuasan masyarakat sudah dilaksanakan.
“Dan selanjutnya kita akan melakukan evaluasi kinerja dan seleksi terbuka pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupatem Mappi,” tegas Pj Bupati Mappi. (Advetorial)
