Antusias Masyarakat Mappi dapat bantuan perahu viber dan mesin tempel

Perahu Viber
Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar SSTP MSi menyerahkan bantuan berupa 15 unit perahu viber dan 15 unit motor tempel kepada masyarakat penerima manfaat di Kantor Dinas Perhubungan Mappi, Jumat (13/1/2023). - Dok. Pemerintah Kabupaten Mappi.

Mappi – Masyarakat Kabupaten Mappi begitu antusias usai mendapatkan bantuan perahu viber dan mesin tempel 15 PK dari Pemerintah Kabupaten Mappi. Bantuan itu diserahkan Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar SSTP MSi kepada masyarakat penerima manfaat di Kantor Dinas Perhubungan Mappi, Jumat (13/1/2023).

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Penjabat Bupati, itu kerinduan kami selama ini, untuk mendapatkan bantuan [perahu] viber dan mesin tempel 15 PK itu,” ungkap salah seorang penerima bantuan, Fransiskus Agawemu.

Ia menuturkan warga sudah lama merindukan bantuan alat transportasi sungai seperti perahu viber dan mesin tempel. “Kami rasa bangga, sekarang kami mendapat bantuan viber dan mesin tempel itu. Terima kasih Bapak Penjabat Bupati, semoga Tuhan selalu memberkati Bapak Penjabat Bupati dalam tugasnya,” tutur Agawemu.

Penjabat Bupati Mappi, Michael R Gomar SSTP MSi dalam arahannya kepada para penerima bantuan viber dan mesin tempel meminta agar bantuan itu digunakan dengan baik. Menurutnya, bantuan itu diberikan guna membantu moda transportasi masyarakat, mendukung perekonomian masyarakat, dan mendukung kebutuhan pribadi maupun kelompok masyarakat.

Penjabat Bupati Mappi menyebutkan bantuan itu disalurkan berdasarkan proposal permohonan masyarakat. Menurutnya, ada 97 proposal permohonan bantuan perahu viber dan mesin tempel. Namun, sesuai dengan kemampuan anggaran, Pemerintah Kabupaten Mappi hanya bisa mengakomodir 15 unit perahu viber berkapasitas 15 – 25 penumpang, dan 15 unit mesin tempel berdaya 15 PK.

Ia menyatakan proposal yang disetujui itu sudah melalui proses penilaian dan melihat kebutuhan pemohon. Penilaian itu dilakukan olah Dinas Perhubungan Mappi.

“Bagi masyarakat yang sudah mengajukan proposal tetapi belum terakomidir, kurang lebih 83 pemohon, kami harap untuk bersabar. Kami akan melihat kembali kondisi dan kemampuan keuangan daerah, khususnya Dinas Perhubungan [Mappi] untuk dapat mengakomodir kebutuhan atau permohonan masyarakat,” katanya.

Penjabat Bupati Mappi meminta Dinas Perhubungan Mappi mendata semua penerima manfaat yang telah menerima bantuan itu. Data akurat itu dibutuhkan agar tidak ada penyaluran bantuan yang dobel.

“Saya berharap data penerima itu direkap, bukan hanya tahun 2022, tetapi juga data pada tahun sebelumnya, sehingga penerima bantuan pada tahun sebelumnya tidak lagi menerima [bantuan] pada tahun 2023. Bagi yang belum menerima sama sekali, itu yang menjadi prioritas pada tahun yang akan datang,” jelasnya.

Ia berharap bantuan yang diberikan pemerintah dapat digunakan sebaik mungkin. “Kami berharap dengan bantuan itu masyarakat bisa meningkatkan perekonomian, juga mendukung usaha ekonomi kreatif dan usaha di kampung maupun distrik. Kami berharap jangan sampai bantuan itu dijual kepada orang lain. Mohon Dinas Perhubungan terus mengawasi apakah bantuan yang sudah diberikan dapat digunakan oleh penerima manfaat atau tidak. Minimal tiga bulan sekali Dinas Perhubungan mengecek keberadaan barang bantuan itu,” tegasnya.

Penjabat Bupati Mappi menambahkan bahwa dalam kunjungan kerjanya ke distrik dan kampung ia menerima banyak sekali permohonan bantuan perahu viber dan mesin tempel. Menurutnya, dari 15 unit perahu viber dan 15 unit motor tempel, sejumlah tiga unit perahu viber dan tiga unit motor tempel diberikan kepada gereja untuk pelayanan mereka. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250