1.000 KK di pesisir Kabupaten Mimika terlayani Program Kampung Sehat

Kabupaten Mimika
Petugas kesehatan bersama YPMAK memberikan pelayanan kepada warga pesisir di Kabupaten Mimika. Tercatat 1000 KK telah terlayani. - Jubi/Humas YPMAK

Timika, JubiYayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro atau YPMAK sepanjang tahun 2022 melaksanakan berbagai kegiatan program kesehatan di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Salah satunya, Program Kampung Sehat.

Keterangan pers tertulis Humas YPMAK dan Laporan Akhir Tahun 2022 Divisi Kesehatan YPMAK telah mencatat sebanyak 15 kampung di tujuh distrik Kabupaten Mimika telah menjadi sasaran pelayan kesehatan YPMAK. Pelayanan kesehatan itu memberikan manfaat kepada 1.000 kepala keluarga (KK) di pesisir Kabupaten Mimika, yang mencakup sekitar 5.479 jiwa.

Di Distrik Akimuga, Program Kampung Sehat diselenggarakan di Kampung Amungun, Aramsolki, Kiliarma, Emkoma Halama, Fakafuku. Di sana, Program Kampung Sehat melayani 55 KK dengan 231 jiwa.

Di Distrik Distrik Mimika Barat Tengah, Program Kampung Sehat dijalankan di Kampung Kapiraya (melayani 85 KK dengan 314 jiwa). Di Distrik Mimika Barat, Program Kampung Sehat melayani 30 KK dengan 190 jiwa di Kampung Aparuka.

Di Kampung Aindua dan Umar Ararau, Distrik Mimika Barat Jauh, Program Kampung Sehat melayani 192 KK dengan 972 jiwa. Di Kampung Keakwa, Aikawapuka, Mioko, dan Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah, Program Kampung Sehat melayani 335 KK dengan 2.434 jiwa.

Di Distrik Mimika Timur Jauh, Program Kampung Sehat digelar di Kampung Ohotya/Otakwa, dan melayani 145 KK dengan 519 jiwa. Program Kampung Sehat YPMAK juga melayani sebanyak 156 KK dengan 953 di Kampung Sumapro, Waituku, dan Bulumen, Distrik Jita.

Sebagai pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia (PTFI), YPMAK berkomitmen untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Amungme dan Kamoro di Kabupaten Mimika. Program Kampung Sehat YPMAK itu dilaksanakan Pelkesi Wilayah V, selaku mitra pengelola program.

Program itu meliputi Layanan Kesehatan di Klinik Franken Mollen, Pemeriksaan Malaria oleh Analis Tim Klinik Bergerak, Layanan Kesehatan oleh Tim Kampung Sehat dan Klinik Bergerak, serta Pembangunan Jamban Keluarga dan Sumur Gali. (*)

Comments Box
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 728x250