Peresmian pemanfaatan videotron dan CCTV hibah Pemprov Papua untuk Sarmi

videotron dan CCTV
Penandatanganan berita acara penyerahan videotron dan CCTV dari Pemprov Papua kepada Pemkab Sarmi, Selasa (22/11/2022). – Jubi/Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua  

Sarmi, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua melalui instansi teknisnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyerahkan pemanfaatan videotron dan CCTV di Kabupaten Sarmi kepada Pemerintah Kabupaten Sarmi.

Gubernur Papua dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Jeri Agus Yudianto, pada acara serah terima pemanfaatan ini menegaskan bahwa videotron adalah bagian dari media luar ruang berbasis digital yang dapat digunkan untuk diseminasi dan hiburan bagi masyarakat.

“Pada tahun 2022 juga disediakan CCTV yang diletakkan di sudut Kota Sarmi yang juga dapat dimanfaatkan untuk memonitor secara realtime aktivitas publik yang ada,” kata Gubernur Papua sebagaimana rilis pers yang diterima Jubi, Selasa (22/11/22) malam.

banner 400x130

Penyediaan videotron adalah yang ke-9 disiapkan setelah Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Biak Numfor, dan Kabupaten Jayawijaya.

“Kabupaten Nabire dan Kabupaten Kepulauan Yapen sudah sejak jahun 2013,” katanya.

Khusus CCTV, imbuhnya, pada tahun 2022 disiapkan sebanyak 40 titik yang tersebar di Kabuoaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Kepulauan Yapen, dan Kabupaten Biak Numfor.

“Untuk Kota Jayapura terdapat di beberapa titik eksisting yang telah ada beberapa waktu lalu. CCTV ini ke depannya bisa dikolaborasikan dengan stakeholder terkait untuk kepentingan keamanan dan ketertiban ataupun hal lainnya,” katanya.

Monitoring CCTV diletakkan pada setiap kantor Dinas Kominfo setempat dan secara keseluruan CCTV di kabupaten/kota yang tersedia dapat langsung dimonitor di Ruang Media Center Dinas Kominfo Provinsi Papua ataupun melalui IPAD atau HP Android pada beberapa pejabat tertentu.

videotron dan CCTV
Foto Bersama usai peresmian. – Jubi/Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua

Penjabat Bupati Sarmi, Markus O. Mansembra, dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang telah memberikan perhatian khusus pada Pemkab Sarmi dan tentunya pada pemda lainnya yang mendapatkan fasilitas media ini.

“Kami akan menggunakan media ini untuk sarana informasi pemda kepada masyarakat serta kebutuhan lainnya. Kami akan memberikan perhatian penuh untuk pemeliharaan dan operasionalnya. Media ini menjadi salah satu bagian untuk mengubah wajah kota Sarmi menjadi lebih modern serta dapat digunakan sarana hiburan, apalagi pada musim Piala Dunia ini, dijadikan arena nobar bagi masyarakat sekitar,” katanya.

Peresmian pemanfaatan videotron dan CCTV di Kabupaten Sarmi  dilaksanakan pada 22 November 2022 di halaman kantor Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Sarmi.

Selain Penjabat Bupati Sarmi, tampak hadir dalam acara tersebut, antara lain Forkopimda Kabupaten Sarmi, Sekda, dan  para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarmi serta pejabat dan tim teknis Pembangunan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua. (*/Advetorial)

Comments Box

Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130    banner 400x130
banner 728x250